Rabu, 18 Mei 2011

Apakah Cuaca itu?


Cuaca adalah keadaan udara pada waktu yang relatif singkat dan tempat yang relatif sempit. Waktu yang relatif singkat, tampak dari jangka waktu cuaca yang hanya beberapa jam saja, yaitu adanya perbedaan keadaan di pagi hari dan siang hari. Hujan, panas adalah jenis-jenis cuaca. Ilmu untuk mengkaji tentang cuaca disebut meteorologi.
Hujan adalah peristiwa jatuhnya titik air dari atmosfer ke permukaan bumi secara alami. Sebelum hujan terjadi, didahului adanya penguapan yang kemudian mengalami kondensasi sehingga membentuk awan. Karena pengaruh angin atau konveksi maka terjadilah hujan. Alat untuk mengukur besarnya curah hujan adalah ombrometer atau disebut juga raingauge.
Tropis, sedang, dan kutub adalah jenis-jenis iklim. Iklim adalah nama yang kita berikan untuk menyebut pola-pola cuaca selama satu periode waktu. Pembagian wilayah iklim berdasar garis lintang disebut iklim matahari. Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut klimatologi.
Unsur-unsur yang mempengaruhi cuaca dan iklim meliputi radiasi matahari, temperatur udara, tekanan udara, angin, kelembaban udara, awan, dan hujan..
Planet bumi kita membuat sebuah jalur melalui ruang angkasa untuk mengelilingi matahari. Jalur ini, atau orbit, memerlukan waktu satu tahun. Karena posisi bumi miring, selama setahun masing-masing kutub secara bergantian condong ke matahari sehingga menyebabkan terjadinya musim-musim yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar